Pages

Jumat, 04 Maret 2011

program maping biologi kelas 11 semester 2

PROGRAM MAPPING

Title            : Sistem dan Struktur Fungsi Organ Manusia
Description                       : Materi belajar Sistem dan struktur fungsi Organ Manusia ini membahas tentang anatomi dan fisiologi manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Secara singkat materi ini membahas tentang strukutur umum tubuh manusia, konsep dasar kerja dan integrasi berbagai system dalam tubuh manusia. Sejauh mungkin dalam penyampaiannya akan dibahas penerapan ilmu ini dalam kehidupan sehari – hari dan masyarakat.
Learning Objectives    :  Meningkatkan kemampuan peserta didik dalammenjelaskan struktur fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
Course Method    : VC Blended Learning: 41,67 % VC, 54,16 % Web-based Learning, F2F 4,16%

Generic Form

No     Kompetensi Dasar      Pokok Bahasan     F2F     Video conference     Web-based course       
  1.
    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)     1.1. Makanan. Zat makanan terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin.    -    -    ü      
        1.2. Sistem pencernaan makanan manusia sistem pencernaan mencakup sturktur dan proses pencernaan makanan. Alat pencernaan seperti mulut, kerongkongan, lambung ususdan kelenjarludah, hati, Kelenjar lambung, pankreas, kelenjar usus memiliki fungsi khusus.
    -    ü    -      
          1.3.    Pencernaan hewan ruminansia. Pencernan makanan hewan ruminansia memiliki kekhususan karena adanya perbedaan struktur.
    -    ü    -      
        1.4.    Penyakit/gangguan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan antara lain sembelit, tukak lambung dll.    -    ü    -      
2.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan.( misalnya burung)    2.1. Struktur dan fungsi alat-alat pernapasan. Alat pernapasan manusia berupa paru-paru (bronkus, bronkeulus, bonkeololus) yang membangun sistem yang khas.    -    -    ü      
        2.2.    Mekanisme pernapasan pada manusia. Pernapasan dilakukan secara inspirasi dan ekspirasi yang terjadi karena adanya perbedaan tekananudara pada rongga dada.    -    ü    -      
        2.3.    Pernapasan hewan. Pernapasan pada hewan bervariasi, misalnya dengan paru-paru, insang, kulit, dan trakea.
    -    -    ü      
        2.4.    Kelainan dan penyakit yang terjadi. Beberapa penyakit/kelainan antara lain faringitis, tonsilitis, diferti, emfisema dll.
    -    -    ü      
3.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).    3.1.    Struktur dan fungsi alat-alat ekskresi manusia. Alat ekskresi pada manusia antara lain paru-paru, kulit, ginjal, hati, yang mengekskresikan hasil metabolisme.    -    ü    -      
        3.2.    Proses ekskresi pada manusia. Ekskresi sisa-sisa metabolisme melalui paru-paru, hati, ginjal dan kulit menunjukkan mekanisme yang berbeda.    -    ü    -      
        3.3.    Ekskresi pada hewan. Hewan mengekskresikan sisa metabolismenya menggunakan alat seperti kulit, ginjal, sel api, nefridia, dll.
    -    ü    -      
       
3.4.    Kelainan dan penyakit yang terjadi. Gangguan pada sistem ekskresi, antara lain albuminaria, nefritis, polyuria dll.
    -    ü    -      
4.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelalaian / penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).    4.1.    Struktur dan fungsi sistem regulasi (saraf, endokrin dan indera). Sistem saraf meliputi saraf pusat dan susunan saraf tepi. Hormon mengatur pertumbuhan, keseimbangan internal, reproduksi dan tingkah laku. Alat indrea sebagai reseptor rangsang dari luar dilakukan oleh Mata, telinga, lidah, hidung.    -    -    ü      
        4.2.    Proses regulasi (saraf, endokrin, indera). Proses regulsi bekerja sesuai dengan rangsangan dan koordinasi yang mantap.
    -    -    ü      
        4.3.    Kelainan/penyakit yang terjadi (saraf, endokrin Indera). Beberapa gangguan regulasi, antara lain hipertiroidime, kretinisme, mabuk, gangguan kesadaran, mata rabun, dsb    -    -    ü      
5.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.     5.1.    Struktur dan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita. Sistem reproduksi manusia ada yang terdapat dalam rongga tubuh dan tampak dari luar tubuh    -    ü    -      
        5.2.    Proses pembentukan sel kelamin proses pembentukan kelamin meliputi sperma dan sel telur.    -    ü    -      
        5.3.    Ovulasi proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovarium ke tuba fallopi untuk dibuahi.
    ü    -    -      
        5.4.    Menstruasi. Wanita mengalami masa menstruasi setiap kurun 28 hari setiap bulan. Menstruasi merupakan salah satu kekhasan makhluk hidup golongan primata.
    -    ü    -      
        5.5.    Fertilisasi, gestasi dan persalinan.

5.6.    ASI. ASI memiliki bahan nutrisi yang amat penting bagi bayi, terutama setelah proses kelahiran.    -


-    ü



-    -


ü      
        5.7. Kelainan / penyakit yang terjadi. Beberapa penyakit/gangguan seperti keputihan, kanker rahim, mandul dsb.    -    ü    -      
6.    Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit    6.1.    Antigen dan antibodi. Antigen, benda asing yang masuk dalam tubuh perlu dikenali dan dihancurkan antibodi, zat anti yang dihasilkan tubuh untuk melawan benda asing tertentu.
    -    -    ü      
        6.2. Mekanisme pertahanan tubuh. Kekebalan tubuh dapat terjadi autoimunitas, heteroimunitas dan isoimunitas     -    -    ü   


Video Conference Form

No.    Kompetensi Dasar    Pokok Bahasan    Skenario    Interaksi    Tugas    Waktu    Referensi      
1

 2.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan.( misalnya burung)    1.2.Sistem pencernaan makanan manusia sistem pencernaan mencakup sturktur dan proses pencernaan makanan. Alat pencernaan seperti mulut, kerongkongan, lambung ususdan kelenjarludah, hati, Kelenjar lambung, pankreas, kelenjar usus memiliki fungsi khusus.

1.3. Pencernaan hewan ruminansia. Pencernan makanan hewan ruminansia memiliki kekhususan karena adanya perbedaan struktur.


1.4.Penyakit/gangguan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan antara lain sembelit, tukak lambung dll.

2.2.Mekanisme pernapasan pada manusia. Pernapasan dilakukan secara inspirasi dan ekspirasi yang terjadi karena adanya perbedaan tekananudara pada rongga dada.


    Pre-connection (persiapan)

Mulai sesi

Pembukaan komentar dan pengenalan guru

Masing – masing siswa memberikan argumennya dan siswa lain memberikan sanggahan.

Guru memberikan penjelasan lebih lanjut tentang system pencernaan manusia, hewan, dan penyakit pada system pencernaan , masukan dan saran bagi siswa


Pre-connection (persiapan)

Mulai sesi

Pembukaan komentar dan pengenalan guru

Masing – masing siswa memberikan argumennya dan siswa lain memberikan sanggahan.

Guru memberikan penjelasan tentang mekanisme pernapasan pada burung    Diskusi kelompok dengan lokal fasiliator

Diskusi kelompok dengan lokal fasiliator    Merefleksihasil diskusi dari pokok bahasan system pencernaan makanan manusia, hewan serta alat dan struktur pencernaan manusia dan penyakit/gangguan pada system pencernaan.


Merefleksikan hasil dr diskusi tentang mekanisme pernapasan    135 menit


45 menit    Buku pengangan siswa Penerbit Grafindo dan buku yang relevan lainnya.
Situs http://www.crayonpedia.
org/mw/Alat_Pencernaan_
Manusia,_Makanan,_
dan_Kesehatan_5.1


Buku pengangan siswa Penerbit Grafindo dan buku yang relevan lainnya.
 Situs

http://abba.vlsm.org
/v12/sponsor/
Sponsor-Pendamping
/Praweda/Biologi/
0077%20Bio
%202-8d.htm        
3    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).    3.5.    Struktur dan fungsi alat-alat ekskresi manusia. Alat ekskresi pada manusia antara lain paru-paru, kulit, ginjal, hati, yang mengekskresikan hasil metabolisme.
3.6.    Proses ekskresi pada manusia. Ekskresi sisa-sisa metabolisme melalui paru-paru, hati, ginjal dan kulit menunjukkan mekanisme yang berbeda
3.7.    Ekskresi pada hewan. Hewan mengekskresikan sisa metabolismenya menggunakan alat seperti kulit, ginjal, sel api, nefridia, dll.
3.8.    Kelainan dan penyakit yang terjadi. Gangguan pada sistem ekskresi, antara lain albuminaria, nefritis, polyuria dll.
    Pre-connection (persiapan)

Mulai sesi

Pembukaan komentar dan pengenalan guru

Masing – masing siswa memberikan argumennya dan siswa lain memberikan sanggahan.

Guru memberikan penjelasan tentang gangguan/penyakit pada system organ manusia dan hewan.    Diskusi kelompok dengan lokal fasiliator

    Merefleksikan diri materi tentang kelainan/penyakit yg terjadi pada system ekskresi pada manusikaa dan hewan.    180 menit    Buku pengangan siswa.
Situs http://www.crayonpedia.
org/mw/Sistem
_Ekskresi_Pada_Manusia
_Dan_Hubungannya
_Dengan_Kesehatan_9.1      
5    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.    5.7.    Struktur dan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita. Sistem reproduksi manusia ada yang terdapat dalam rongga tubuh dan tampak dari luar tubuh
5.8.    Proses pembentukan sel kelamin proses pembentukan kelamin meliputi sperma dan sel telur.
5.4.    Menstruasi. Wanita mengalami masa menstruasi setiap kurun 28 hari setiap bulan. Menstruasi merupakan salah satu kekhasan makhluk hidup golongan primata.
5.5.    Fertilisasi, gestasi dan persalinan.
5.7. Kelainan / penyakit yang terjadi. Beberapa penyakit/gangguan seperti keputihan, kanker rahim, mandul dsb.

    Pre-connection (persiapan)

Mulai sesi

Pembukaan komentar dan pengenalan guru

Masing – masing siswa memberikan argumennya dan siswa lain memberikan sanggahan.

Guru memberikan penjelasan tentang pembentukian sel kelamin, ovum, serta memperlihatkan torso organ yg berkaitan.    Masing – masing siswa memrhatikan dirinya, dan memberikan penjelasan tentang perkembangan fisik nya, khususnya yg wanita.
Saling memberikan masukan.    Menggambarkan dan menjelaskan lagi tentang system  pembentukan sel kelamin, ovulasi, dan pemberian ASI.    180 menit    Buku pengangan siswa.
Situs
http://www.authorstream
.com/Presentation
/mellakurniawati-401335-reproduksi-pada-
manusia-kelas-ix-folder-3-tugas-bio-ict-education-ppt-powerpoint/   

0 komentar:

Posting Komentar